Saham Gorengan, Fenomena dan Keuntungannya

saham gorengan

Fenomena saham gorengan saat ini sedang naik, sebenernya apa sih saham gorengan itu? Yuk kita bahas.

Saham gorengan lagi jadi sorotan, tidak cuma otoritas bursa serta pasar modal, namun pula Presiden Joko Widodo. Berikut ini merupakan definisi serta ciri-cirinya, dan tips buat senantiasa aman bertransaksi dengan hal ini di bursa dan juga keuntungan saham gorengan yang bisa Anda ketahui.

Apa Itu Saham Gorengan

Saham gorengan bisa dimaksud sebagai saham perusahaan yang kenaikannya di luar kebiasaan karena pergerakannya lagi direkayasa oleh pelakon pasar dengan tujuan kepentingan tertentu.

Saham ini merupakan saham yang biayanya terencana untuk di rekayasa. Tujuannya buat menaikkan pergerakan harga saham supaya melambung besar. Harga tidak normal ini disokong oleh pemilik modal yang sangat besar. Mereka memiliki tujuan tertentu seperti :

  1. Trader ritel panik serta turut masuk di harga yang telah terlanjur tinggi
  2. Memperoleh profit fantastis

Ciri – ciri Saham Gorengan

Adapun untuk ciri-cirinya bisa Anda lihat seperti di bawah ini :

  1. Peningkatan biayanya lumayan signifikan

Harga saham naik merupakan hal yang sangat normal, tetapi dengan peningkatan nilai yang bisa dimaklumi. Misalnya harga pembukaannya Rp 500 serta penutupannya Rp 550. Kenaikan Rp 50 per hari masih sangat normal, kan?

Tetapi, apabila kenaikan biayanya lebih dari 10% per hari, terlebih buat saham yang biayanya murah, saham ini terindikasi digoreng oleh bandar.

  1. Volume perdagangan yang tidak wajar

Dari segi volume perdagangan, saham gorengan senantiasa menorehkan perdagangan terbanyak dibanding saham lain dari emiten yang sudah cukup diketahui. Bukan karena peminatnya banyak, tetapi karena volume dagangnya dimainkan oleh bandar.

Jadi, bandar dengan terencana membeli dalam jumlah besar-besaran supaya harga sahamnya naik ekstrem.

 Antrean jual yang sedikit

Bila dibanding dengan bid ataupun permintaan, maka jumlah offer ataupun penjualan saham gorengan jauh lebih sedikit yang membuat biayanya naik signifikan. Sederhananya sama seperti hukum dagang. Apabila permintaan tinggi serta penawaran rendah, maka harga barangnya semakin mahal.

Dalam hal ini, bandar umumnya akan melaksanakan wait and see. Barangkali dengan peningkatan harga yang signifikan, tingkatan ketertarikan ritel buat membeli sahamnya semakin besar.

  1. Harga saham besar meski perusahaan rugi

Bukan suatu rahasia lagi jika harga saham gorengan senantiasa berada di atas awan walaupun keadaan keuangan perusahaan tidak bai. Sementara itu jika secara logika hal ini bukan karena investor ataupun trader yang ingin berinvestasi pada emiten yang kinerjanya kurang baik?

Baca juga  Ketahui Cara Membaca Index Saham Di Good Morning Index

Harga yang besar ini umumnya terjadi karena perusahaan di sokong oleh modal para bandar yang membuat harga sahamnya senantiasa bertambah. Jadi penting untuk mengamati keadaan keuangan industri saat sebelum akhirnya membeli suatu saham.

  1. Dipahami oleh emiten baru

Walaupun biayanya cenderung terjangkau, Anda perlu waspada terhadap kemunculan emiten-emiten baru. Umumnya emiten barulah yang kerap terindikasi saham gorengan karena biayanya masih lumayan terjangkau. Memang, masuknya emiten tersebut telah lewat persetujuan OJK, tetapi Anda belum mengetahui kinerja emiten yang sebenarnya.

Contoh Kasus Saham Gorengan

Di bawah ini Anda akan mengetahui beberapa perusahaan yang jadi contoh kasus dari adanya saham gorengan ini, yaitu :

  • Saham Inti Agri Resources, Tbk. (IIKP)

PT Inti Agri Resources berdiri pada 16 Maret 1999 mempunyai aktivitas usaha di bidang perikanan, perdagangan serta perkebunan. Industri ini mulai menawarkan saham perdana alias IPO pada 20 Oktober 2002 dengan harga Rp 450 per lembarnya.

  •  Saham SMR Utama, Tbk. (SMRU)

Contoh saham gorengan berikutnya saham dari emiten PT SMR Utama, Tbk (SMRU). Dari data yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI), PT SMR Utama, Tbk. berdiri pada 11 November 2003, melaksanakan aktivitas di subsektor pertambangan batu bara (coal mining).

  • Saham Alfa Tenaga Investama, Tbk. (FIRE)

Saham FIRE merupakan saham dari emiten PT Alfa Tenaga Investama, Tbk. Industri ini di kenal berdiri pada 16 Februari 2015 dengan ruang lingkup aktivitas usaha meliputi bidang pertambangan batu bara, perdagangan serta pengangkutan.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Trading di Saham Gorengan

Walaupun sangat berbahaya untuk pendatang baru, malah spekulan memiliki asumsi yang bertentangan. Mempunyai sebagian kelebihan antara lain:

  • Keuntungan mencapai puluhan persen dalam waktu singkat
  • Mampu keluar masuk pasar karene banyak peluang
  • Modal relatif minim

Kelemahan Trading di Saham Gorengan

Untuk seorang pendatang baru yang baru terjun ke pasar modal, saham jenis ini merupakan hal yang mengerikan. Memiliki banyak kelemahan di antaranya :

  • High Risk High Return
  • Butuh analisa mendalam
  • Aktif memantau harga di depan layar
  • Tidak sesuai untuk investor jangka panjang

Mengapa Lebih Baik Trading di Saham Gorengan

Boleh saja bila Anda ingin mencoba bertransaksi di saham gorengan buat memperoleh pengalaman atau keuntungan Saham Gorengan. Perhatikan beberapa tips berikut ini dengan baik:

  • Sisihkan sebagian kecil modal saja untuk mencoba saham gorengan.

Bisa jadi Anda pernah mendengar cerita tentang trader yang sukses cuan berlipat ganda dari saham gorengan. Anda perlu mengetahui kalau ia sukses profit bukan cuma karena main saham gorengan, melainkan karena telah berpengalaman. Bila masih dalam taraf coba-coba, maka jangan berharap sangat besar.

Baca juga  5 Rekomendasi Saham Yang Aman Saat Resesi Menyerang!

Sisihkan sebagian kecil modal saja buat mencoba saham ini. Ukuran standarnya buat tiap orang berbeda-beda. Anda bisa mengalokasikan sekitar 10 persen saja dari total modal investasi saham, ataupun jumlah berapa pun yang menurut Anda bisa “menjadi korban” tanpa membuat Anda bangkrut.

  •  Siap serta sigap cut loss sewaktu-waktu.

Saham gorengan dapat naik ataupun turun dengan cepat. Anda tidak pernah mengetahui sampai seberapa jauh bandar akan mengatrol harga, sebab analisis fundamental ataupun teknikal tidak bisa Anda pergunakan dalam memprediksi saham-saham gorengan. Jadi Anda wajib siap cut loss tiap saat.

Lebih baik lagi bila telah memiliki rencana exit semenjak awal, sebab aksi membelinya secara sembarangan akan membawa konsekuensi parah. Rencana exit ini bukan cuma tentang akan ambil profit pada tingkatan harga berapa, melainkan pula rencana cut loss kala harga telah mulai ambruk sekian persen.

  • Hindari average down pada saham-saham gorengan.

Average down merupakan aksi investor membeli lagi suatu saham kala biayanya menyusut, dengan sasaran kurangi rata-rata harga saham tersebut dalam portofolio. Umpama investor sudah mempunyai saham BNBR pada harga Rp 100, setelah itu dia memborong saham BNBR lagi sehabis biayanya jatuh ke Rp 50.

Godaan buat average down pada saham-saham itu sangat besar, khususnya untuk pendatang baru. Alasannya, nominal harga di sini sangat murah. Pendatang baru pula kerapkali masih menyimpan harapan nanti bandar akan memainkan saham itu lagi, sehingga berpikiran masih memiliki kesempatan buat profit walaupun harga saham telah jatuh. Sementara itu ini godaan menyesatkan.

Inilah seputar informasi dan keuntungan Saham Gorengan yang bisa Anda ketahui. Jika Anda seorang pemula dalam bisnis saham ini maka ada baiknya Anda lebih mempelajari ataupun menyerah hal ini pada yang ahlinya.

 

Money Management, Definisi dan penerapannya!
money management

Money Management definisi sederhananya adalah bagaimana mengelola keuangan, khususnya dalam trading. Beberapa dari Anda mungkin berpikir money management dalam trading Read more

Keadaan Pasar Modal Indonesia Pasca Konflik Rusia – Ukraina
pasar modal Indonesia

Hubungan Rusia dan Ukraina semakin memanas akhir-akhir ini. Ancaman terjadinya perang dunia ketiga antara Rusia dan Ukraina membuat khawatir banyak Read more

Apa Itu Saham Allo Bank? Simak Penjelasan Lengkapnya!
saham-allo-bank

Apa sih saham allo bank itu? coba kita simak yuk!   - digitalbank.id   Beberapa waktu yang lalu, perbankan digital semakin Read more

Trading Saham Halal, Begini Peraturan dan Cara Mainnya!
trading saham

Begini cara main trading saham halal menurut MUI. Simak jangan sampai salah!   Trading saham halal secara lengkap bisa Anda Read more

Share this post!

Scroll to Top
Saham Gorengan