Saham BUKA, Listing Saham GOJEK Menarik?

saham gojek

Saham BUKA menurn terus, saham GOJEK sedang menarik-menariknya.

 

Saham BUKA, Listing Saham GOJEK Menarik? Bukalapak sebagai perusahaan yang lahir, berkembang dan tumbuh di Indonesia mempunyai komitmen yang sangat kuat untuk berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia. Fokus utama melakukan pemberdayaan UMKM lewat platform teknologi all – commerce : Mitra Bukalapak dan Marketplace Bukalapak.

 

Saham BUKA, Listing dan History Harga

Bukalapak saat ini jadi unicorn lokal pertama yang jadi perusahaan publik setelah tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 6 Agustus 2021. Dengan begitu, siapapun yang memenuhi ketentuan perundang – undangan bisa mempunyai saham PT Bukalapak.com Tbk karena perdagangan di bursa semuanya merupakan mekanisme pasar.

 

Sampai saat ini, pemegang saham pengendali dari PT Bukalapak.com Tbk merupakan entitas bisnis lokal Indonesia yaitu PT Kreatif Media Karya (KMK). Ini mempunyai saham sebesar 23,93 persen dan menjadikan KMK sebagai pemegang saham terbesar di Bukalapak.

 

Tidak hanya KMK, Bukalapak juga mencatat bermacam perusahaan dan orang Indonesia sebagai pemegang saham Bukalapak. Sokongan penuh terhadap pertumbuhan zona UMKM lokal terus di berikan oleh Bukalapak yang saat ini melayani lebih dari 6.6 juta pelapak. 8,7 juta Mitra Bukalapak, 100 juta pengguna dari seluruh penjuru nusantara, dan mempekerjakan lebih dari 1.800 karyawan.

 

BUKA tercatat di BEI pada 6 Agustus 2021 dengan harga penerapan Rp 850 persaham. Perolehan situ IPO mencapai Rp 21,9 triliun, terbeesar selama sejarah BEI. Dalam waktu indikatif IPO, Bukalapak melaksanakan pendaftaran ke OJK pada 7 Mei 2021. Penawaran saham di lakukan pada 23 Juli – 27 Juli 2021, dan listing di Bursa Efek Indonesia pada 29 Juli 2021.

 

Saham BUKA Turun Terus

saham-gojek-dan-bukalapak
Bareksa.com

Saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) terus alami penyusutan namun Bursa Efek Indonesia tidak juga melaksanakan suspensi. Bursa akan melaksanakan suspensi saham apabila memenuhi sebagian aspek. Antara lain ada pergerakan harga, volume, frekuensi transaksi dan ataupun pola transaksi yang tidak biasa dari saham tertentu.

 

Harga saham Bukalapak alami auto reject dasar (ARB) sampai memegang tingkat Rp 456. Adapun dalam 11 hari terakhir, harga saham emiten teknologi itu sudah mengalami koreksi berturut-turut. Walaupun demikian, JP Morgan memasang sasaran harga Bukalapak tetap bisa naik sampai Rp 1.000 per saham sampai Desember 2022.

 

Regu studi JP Morgan memperhitungkan perseroan tengah meramu model bisnis baru untuk marketplace. Mereka memperhitungkan BUKA akan menggesernya model bisnis seperti department store ke koleksi toko khusus

Baca juga  Raisa Dan Artis Ini Sukses Main Saham, Ini Tipsnya!

 

Manajemen menerangkan kalau ada platform khusus yang lain yang dibesarkan, seperti bahan makanan dan gadget bekas termotivasi oleh Back Market yang menjual fitur elektronik rekondisi. Platform khusus membolehkan Bukalapak menghasilkan take rate yang lebih tiggi dibanding dengan konvensional platform e-commerce seperti department store misalnya itemku menghasilkan 8 – 9 persen tingkatan pengambilan.

 

Tidak hanya itu, Bukalapak lagi bertujuan untuk menyediakan layanan end – to – end untuk orang dagang online informal yang menjual lewat Instagram ataupun Whatsapp lewat model bisnis etalase seperti BukuMitra, BukaSend, dan gerbang pembayaran online.

 

PT Bukalapak.com Tbk dengan kode saham BUKA, menerangkan Mengenai penyusutan harga saham dalam beberapa waktu belum lama. Keadaan tersebut salah satunya diakibatkan oleh peningkatan harga komoditas di pasar internasional.

 

Presiden PT Bukalapak.com Tbk Teddy Oetomo mengatakan hal tersebut sedikit banyak membuat investor lebih memikirkan membeli saham – saham dari perusahaan yang menempuh bisnis berbasis komoditas.

 

Saham Gojek Tokopedia (GOTO) Mau Listing

saham gojek

GoTo mulai marak dikabarkan akan menyusul Bukalapak.com jadi perusahaan terbuka tahun ini. GoTo akan menggelar initial public offering (IPO) di kuartal IV 2021. Adapun nilai emisinya mencapai US$ 1 miliyar ataupun sekitar Rp 14,38 triliun.

 

GoTo akan melaksanakan IPO tanpa memakai skema lock up. Asal di ketahui saja, ketentuan lock up untuk pemegang saham lama di atur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No 25/POJK.04/2017 tentang Pembatasan Atas Saham yang Di terbitkan Saat sebelum Penawaran Umum. Tanpa lock up saham, pemegang saham bisa menjual saham GoTo kapanpun, selepas pencatatan saham ataupun listing.

 

Analis Panin Sekuritas William Hartanto mengatakan sangat membolehkan untuk investor lama melaksanakan exit sebab tidak adanya skema lock up saham. Adapun pada perdagangan perdananya ataupun listing, kemungkinan besar harga saham Gojek Tokopedia atau GoTo juga akan menyusut. Bercermin dari pengalaman sebelumnya, Bukalapak yang memakai skema lock up saja mengalami penyusutan, terlebih yang tidak menerapkannya.

 

Tinggal siapa yang lebih kuat, pemilik lama yang exit, ataupun pembeli baru setelah listing.  Reaksi pelakon pasar saat GoTo IPO nanti. Akan tetapi jika bercermin dari keadaan saat ini, saham – saham teknologi lagi dipandang kurang baik.

 

Oleh sebab itu, memang dianjurkan investor untuk senantiasa mencermati zona teknologi menjelang IPO GoTo nantinya. Ini akan membantu investor mendengarkan perhatian pelakon pasar terhadap saham – saham teknologi. Tidak menutup kemungkinan, IPO GoTo dapat membangun optimisme pasar sehingga berpeluang terjadi rebound.

 

Senada, Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Sukarno Alatas sebelumnya pernah mengatakan akan berat untuk saham GoTo melesat tanpa memakai skema lock up. Tidak adanya skema lock up berpotensi memunculkan kekhawatiran di golongan investor. Investor yang bisa menjual saham kapan saja juga berpeluang merealisasikan keuntungan, bahkan di hari pertama perdagangan.

Baca juga  Pilih Investasi Saham atau Kripto Menurut Raffi Ahmad

 

Ada pula Sukarno menganjurkan investor untuk terus mengikuti keadaan fundamental dan kesempatan bisnis GoTo ke depan. Termasuk, ancaman – ancaman terhadap bisnis yang telah jalan. Tidak menutup kemungkinan, saham GoTo senantiasa dapat melesat apabila valuasi sahamnya memang di nilai luar biasa murah.

 

Saham Gojek Menarik, Mengapa?

Tingkatan penyerapan IPO GoTo sangat tergantung dengan pertumbuhan pasar. Bila kondisinya telah lebih baik, diperkirakan IPO GoTo bisa terserap maksimal. Kondisi pasar yang belum membaik ini juga yang menimbulkan masih belum adanya kepastian seputar agenda IPO GoTo.

 

Tidak hanya keadaan pasar, kinerja keuangan juga jadi salah satu aspek yang pertimbangan oleh calon investor. Keadaan keuangan GoTo yang masih merugi berpotensi membuat penyerapan IPO GoTo jadi sangat rendah. Hal ini dengan melihat GoTo masih memerlukan waktu yang lama untuk bisa mencetak laba.

 

Sampai saat ini GoTo masih fokus tingkatkan jumlah pelanggan. Untuk meningkatkan aplikasi supaya penggunanya jadi lebih banyak maksudnya GoTo masih wajib bakar uang. Secara umum, melihat saham – saham teknologi masih mempunyai prospek positif.

 

Perihal ini bersamaan dengan meningkatnya adopsi teknologi untuk menunjang kegiatan warga tiap hari. Sehingga untuk jangka panjang, di perhitungkan saham – saham teknologi masih menarik buat di koleksi.

 

Intinya dengan mau hadirnya saham GoTo ini akan membawa angin segar buat para investor saham. Hadirnya saham Gojek Tokopedia atau GoTo ini terlihat cukup menarik dari para pendahulunya dan menjadi harapan perkembangan perekonomian bisa terlihat lebih baik dan berkembang dengan lebih maju. Meskipun banyak juga yang meragukannya tapi kehadiran saham GoTo tetap di nantikan banyak oleh para investor.

Money Management, Definisi dan penerapannya!
money management

Money Management definisi sederhananya adalah bagaimana mengelola keuangan, khususnya dalam trading. Beberapa dari Anda mungkin berpikir money management dalam trading Read more

Keadaan Pasar Modal Indonesia Pasca Konflik Rusia – Ukraina
pasar modal Indonesia

Hubungan Rusia dan Ukraina semakin memanas akhir-akhir ini. Ancaman terjadinya perang dunia ketiga antara Rusia dan Ukraina membuat khawatir banyak Read more

Saham Gorengan, Fenomena dan Keuntungannya
saham gorengan

Fenomena saham gorengan saat ini sedang naik, sebenernya apa sih saham gorengan itu? Yuk kita bahas. Saham gorengan lagi jadi Read more

Apa Itu Saham Allo Bank? Simak Penjelasan Lengkapnya!
saham-allo-bank

Apa sih saham allo bank itu? coba kita simak yuk!   - digitalbank.id   Beberapa waktu yang lalu, perbankan digital semakin Read more

Share this post!

Scroll to Top
Saham Gorengan