Ihsg Hari Ini 21 Juni 2022 Kembali KE 7.000, Batu Bara Memimpin

ihsg hari ini

Saham batu bara memimpin, selengkapnya di update IHSG hari ini.

 

IHSG Hari Ini 21 Juni 2022 Sempat Kembali Ke 7.000, Batu Bara Memimpin. Pada pembukaan IHSG naik ke 7.005 dan bahkan indeks sempat menyentuh posisi tertinggi intraday di 7.019,78. Harga saham 4 emiten batu bara terbesar di Indonesia melesat lebih dari 1%. Saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA) naik 2,84% ke Rp 3.830/unit dan memimpin penguatan.

IHSG Hari Ini 21 Juni 2022 Kembali ke 7.000, Saham Batu Bara Pimpin Penguatan

DIkutip dari cnbcindonesia.com, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menyentuh level psikologis 7.000 di awal perdagangan. Saham-saham emiten batu bara kompak bergerak di zona hijau. Namun setelah itu apresiasi IHSG terpangkas. Hingga pukul 09.40 WIB IHSG terpantau naik 0,28% ke 6.991,76.

Di posisi kedua ada saham PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) dengan penguatan 2,48% ke Rp 32.075/unit.

Selanjutnya ada emiten batu bara milik Garibaldi ‘Boy’ Thohir PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) naik 2,09% ke Rp 2.990/unit.

Terakhir ada saham PT Indika Energy Tbk (INDY) yang melesat 1,17% ke Rp 2.590/unit.

Kenaikan harga saham si batu hitam mengekor lonjakan harga batu bara global yang terjadi kemarin, Senin (20/6/2022).

Harga kontrak batu bara acuan ICE Newcastle melambung 6,55% dalam sehari ke US$ 382,25 per ton.

Harga tersebut adalah yang tertinggi sejak 6 Juni lalu atau dua pekan terakhir. Kenaikan tersebut juga kembali mendekatkan harga batu bara ke level psikologis US$ 400 per ton.

Baca juga  Saham Gorengan, Fenomena dan Keuntungannya

Dalam sepekan, harga batu bara menguat 13,4% secara point to point. Namun dalam sebulan harga batu bara masih anjlok 9,2%.

Kenaikan Saham Batu Bara Global

Dengan kenaikan harga batu bara global maka berpeluang untuk meningkatkan harga jual rata-rata produsen batu bara. Ekspektasi solidnya kinerja keuangan turut menjadi katalis positif untuk harga saham.

DIkutip dari bisnis.com, Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Selasa (21/6/2022) akan dipengaruhi oleh penantian investor terhadap putusan suku bunga Bank Indonesia.

CEO PT Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pergerakan IHSG dipengaruhi sentimen dalam negeri berupa penetapan tingkat suku bunga oleh BI yang diperkirakan akan mengalami perubahan.

“Keputusan BI dapat memberikan dampak terhadap pola gerak IHSG dalam pekan ini,” paparnya dalam publikasi riset.

IHSG juga dipengaruhi sentimen harga komoditas yang cenderung memiliki potensi tertekan dibanding peluang naik. Hari ini IHSG berisiko melemah dalam rentang 6.888 – 7.074

Adapun peada perdagangan kemarin, Senin (20/6), IHSG parkir pada posisi 6.976,37 atau naik 0,15 persen. Sepanjang sesi IHSG bergerak pada rentang 6.859,59 – 6.976,37.

IHSG Di Prediksi Melemah Besok

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup menguat setelah sempat melemah di sesi pertama perdagangan dikarenakan kekhawatiran akan inflasi yang tinggi masih membayangi.

Bank of China menetapkan suku bunga masih di angka 3.70 persen. dari dalam negeri masih didorong musim pembagian dividen.

Dennies memprediksi IHSG akan melemah pada perdagangan besok. Secara teknikal, candlestick membentuk hanging man dengan stochastic yang membentuk goldencross di area oversold mengindikasikan potensi rebound.

“Pergerakan diperkirakan akan terbatas jelang RDG Bank Indonesia pada tengah pekan. IHSG diperkirakan masih akan ditopang oleh musim pembagian dividen,” jelas Dennies

Baca juga  Trading Saham Halal, Begini Peraturan dan Cara Mainnya!

Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 6.820 dan 6.898 serta resistance 7.015 dan 7.054.

Sumber :

Money Management, Definisi dan penerapannya!
money management

Money Management definisi sederhananya adalah bagaimana mengelola keuangan, khususnya dalam trading. Beberapa dari Anda mungkin berpikir money management dalam trading Read more

Keadaan Pasar Modal Indonesia Pasca Konflik Rusia – Ukraina
pasar modal Indonesia

Hubungan Rusia dan Ukraina semakin memanas akhir-akhir ini. Ancaman terjadinya perang dunia ketiga antara Rusia dan Ukraina membuat khawatir banyak Read more

Saham Gorengan, Fenomena dan Keuntungannya
saham gorengan

Fenomena saham gorengan saat ini sedang naik, sebenernya apa sih saham gorengan itu? Yuk kita bahas. Saham gorengan lagi jadi Read more

Apa Itu Saham Allo Bank? Simak Penjelasan Lengkapnya!
saham-allo-bank

Apa sih saham allo bank itu? coba kita simak yuk!   - digitalbank.id   Beberapa waktu yang lalu, perbankan digital semakin Read more

Share this post!

Scroll to Top
Saham Gorengan