5 Rekomendasi Saham Yang Aman Saat Resesi Menyerang!

rekomendasi saham

Cek 5 rekomendasi saham yang aman saat resesi menyerang.

 

Beberapa hari terakhir ini kita sering di takutkan dengan berita resesi global yang kemungkinan akan terjadi 2023 mendatang. Banyak media yang memberitakan dampak dari resesi nanti sangat mengkhawatirkan, seperti bakalan banyak perusahaan yang bangkrut, nilai saham turun drastis, dan banyak dampak negatif lainnya.

Resesi semakin terlihat nyata, hal itu diketahui dari pernyataan Presiden The World Bank Group David Malpass  saat wawancara di acara CNN Business (4/11) “saya pikir itu (resesi global) kemungkinan akan terjadi di 2023”. Menanggapi hal itu, investor saham harus pintar mencari rekomendasi saham yang tahan dari badai resesi global. Di artikel ini akan membahas 5 rekomendasi saham saat resesi penyerang, namun, sebelumnya kita lihat dulu yuk pengertian resesi dan tips cara bertahan di tengah resesi global untuk investor saham.

Apa Itu Resesi?

Resesi adalah kondisi ketika produk domestik bruto (PDB) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun. Resesi dapat mengakibatkan penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan.

Jika keuntungan sebuah perusahaan terganggu, maka nilai saham akan menurun. Hal ini lah yang harus diperhatikan oleh investor saham. Para investor harus pintar dalam mengambil langkah supaya tetap aman di tengah resesi. Ini tips yang harus kamu lakukan supaya tetap aman.

 

Tips Bertahan Dari Resesi Global 2023

Pertahankan Pandangan Jangka Panjang

Tidak ada yang tahu pasti apakah resesi sedang mengancam atau berapa lama akan berlangsung jika terjadi. Volatilitas jangka pendek adalah normal, dan ada kemungkinan ekonomi akan melambat dan nilai saham akan turun saat masa resesi. Jika itu terjadi investasi bisa kehilangan nilai dala waktu dekat. Namun, resesi hanya bersifat sementara dan semuanya akan baik baik saja kedepannya.

Baca juga  Opsi Biner Dan Risikonya ? Dari Kasus Doni Salmanan Dan Indra Kenz

Tahun 2008 saat puncak resesi hebat, Warren Buffet menulis sebuah opini untuk The New York Times. Di tengah resesi dia menjelaskan “bisnis memang akan mengalami cegukan pendapatan, seperti yang selalu mereka alami, tapi sebagian besar perusahaan besar akan mencatat rekor laba baru 5, 10 dan 20 tahun dari setelah resesi.”

 

Fokus Pada Investasi Berkualitas

cara terbaik untuk memastikan investasi bertahan dari resesi adalah dengan mengisi portofolio dengan saham jangka panjang yang kuat. Hal ini sangat penting untuk di ingat ketika harga saham lebih rendah, terkadang tergoda untuk membeli saham yang goyah hanya karena sedang obral.

Tetapi investasi yang buruk tetaplah investasi yang buruk meskipun harganya terjangkau. Lebih baik tetap berpegang pada saham berkualitas yang lebih mungkin untuk pulih dari kemerosotan.

 

Kumpulkan Dividen

Jika keuntungan modal tidak memungkinkan karena pasar yang jatuh, alternatifnya adalah dengan mencari dividen yang dapat di investasikan kembali untuk membeli lebih banyak saham.

Tidak seperti keuntungan modal, dividen cenderung berlanjut atau dilanjutkan selama Bear Market. Perusahaan saham dividen yang baik biasanya tidak memiliki hutang dan saluran kas yang sehat.

 

Jangan Berhenti Berinvestasi, Tetapi Ambil Langkah Untuk Melindungi Nilai Aset

Jangan pernah berinvestasi secara membabi buta, dan selalu miliki beberapa rencana cadangan selama resesi. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk melindungi investasi sehingga tidak akan mengalami banyak kerugian saat pasar bangkit kembali dari masa resesi.

 

Hemat Lebih Dari Yang Dibelanjakan dan Siapkan Dana Darurat

Pilihan paling aman adalah memiliki tabungan dan dana darurat. Sebelum mulai berinvestasi setidaknya sisihkan pendapatan untuk dana darurat dan sekitar 30% untuk tabungan. Dengan begitu investor akan merasa lebih tenang di tengah masa resesi nanti.

 

Rekomendasi Saham Yang Aman Dari Serangan Resesi Global

 

1. Rekomendasi Saham Pertama Incar Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Kebutuhan Pokok Konsumen

Selama masa resesi orang-orang masih akan selalu membutuhkan barang-barang kebutuhan pokok seperti beras, roti, susu, alat mandi, dan barang lainnya yang diperlukan untuk bertahan hidup.

 

2.  Utilitas

Perusahaan energi akan mengalami dampak yang kecil di masa resesi. Hal ini dikarenakan orang masih membutuhkan listrik, gas, dan air selama masa resesi. Perusahaan-perusahaan energi akan terus di butuhkan untuk kelangsungan hidup masyarakat.

Baca juga  IHSG Hari Ini Rabu 6 Juli 2022 Menguat, Incar Saham Ini!

 

3. Rekomendasi Saham Di Bidang Perawatan Kesehatan

Orang-orang akan masih perlu mengunjungi dokter, membeli obat, dan membelanjakan uang untuk barang-barang yang berhubungan dengan perawatan kesehatan. Perusahaan yang bergerak di bidang perawatan kesehatan menjadi rekomendasi saham yang bagus.

 

4. Transportasi Dasar

Ketika orang membeli kebutuhan pokok, barang tersebut masih harus dikirimkan ke daerah-daerah pembeli. Atau saat orang-orang ada keperluan di beda daerah, transportasi masih sangat dibutuhkan. Transportasi dasar melibat segala sesuatu mulai dari truk, jasa pengiriman, dan transportasi kereta api.

 

5. Rekomendasi Saham Terakhir Adalah Bidang Pelayanan Komunikasi

Saham perusahaan pelayanan komunikasi akan terus menguat karena selama masa resesi masih akan sangat dibutuhkan oleh orang-orang. Perusahaan pelayanan komunikasi di Indonesia salah satunya aalah PT Telkom Indonesia. Kamu bisa memantau saham Telkom secara langsung di sahamgorengan.com untuk mengetahui nilai saham hari ini.

 

Penutup

Itu tadi beberapa tips dan rekomendasi saham yang harus kamu ketahui supaya bisa bertahan di tengah resesi global yang kemungkinan akan terjadi 2023. Para investor saham harus bersiap dan mulai menyusun rencana dari sekarang supaya tidak mengalami banyak kerugian.

 

 

Sumber:

 

https://www.fool.com/investing/2022/08/21/3-tips-for-surviving-a-recession-according-to-warr/

https://www.forbes.com/sites/qai/2022/10/15/recession-stocks-finding-winners-in-a-down-stock-market/?sh=580d18a291f6

9 Tips On How To Protect Your Investments During A Recession

 

Money Management, Definisi dan penerapannya!
money management

Money Management definisi sederhananya adalah bagaimana mengelola keuangan, khususnya dalam trading. Beberapa dari Anda mungkin berpikir money management dalam trading Read more

Keadaan Pasar Modal Indonesia Pasca Konflik Rusia – Ukraina
pasar modal Indonesia

Hubungan Rusia dan Ukraina semakin memanas akhir-akhir ini. Ancaman terjadinya perang dunia ketiga antara Rusia dan Ukraina membuat khawatir banyak Read more

Saham Gorengan, Fenomena dan Keuntungannya
saham gorengan

Fenomena saham gorengan saat ini sedang naik, sebenernya apa sih saham gorengan itu? Yuk kita bahas. Saham gorengan lagi jadi Read more

Apa Itu Saham Allo Bank? Simak Penjelasan Lengkapnya!
saham-allo-bank

Apa sih saham allo bank itu? coba kita simak yuk!   - digitalbank.id   Beberapa waktu yang lalu, perbankan digital semakin Read more

Share this post!

Scroll to Top
Saham Gorengan