IHSG Hari iniPembelajaranRekomendasiRekomendasi SahamRekomendasi Saham IndonesiaSaham Hari IniSaham Indonesia

Trik Pintar Anti POM-POM

“Saham A potensi ARA kemarin naik 67% dalam 2 hari”

“Saham B wajib beli, jangan sampai ketinggalan”

“Saham C HAKA! *insert puluhan gambar roket”

Kayaknya kalau anda sudah berseluk beluk di dunia saham, anda pasti akan sering menemui chat yang polanya mirip-mirip seperti di atas. Entah itu di forum bebas di Line, di grup telegram, atau bahkan aplikasi-aplikasi charting seperti Stockbit atau HOTS.

Kalau untuk expert yang sudah main saham hitungan tahun kayaknya kita bisa ketawa saja lihatnya. Tapi apakah pemula akan demikian?

Chat-chat seperti diatas dinamakan POM-POM. Apa itu POM-POM? Tujuan POM-POM? Ciri-ciri POM-POM? Dan bagaimana terhindari dari POM-POM akan dibahas secara mendetail di bawah

Apa itu POM-POM

POM-POM adalah istilah yang diberikan jika suatu kelompok atau pihak tertentu memberikan rekomendasi (anjuran beli) yang sifatnya tidak wajar. Tidak wajar disini bisa dalam banyak hal misalnya dengan alasan yang salah, intensifikasi yang berlebihan, dan paksaan yang tidak jelas.

Contoh dan Analisis POM-POM

Saya mau mengambil suatu cuplikan yang agak menarik dan ini sebenarnya bisa dikatakan POM-POM

Gambar tersebut adalah gambar POM-POM yang dilakukan grup tertentu untuk saham BCIP. Mereka mengambil target 100% untuk saham BCIP dalam 1 hari dengan iming2 analisis menggunakan BVPS. Apakah ini masuk akal?

Ada 2 hal yang inkonsisten dari POM-POM ini dan mudah sekali ditemukan jika anda paham tentang dasar dari saham.

  1. BVPS merupakan fundamental dimana angka yang dia catatkan di gambar adalah BVPS pada Desember 2017. Jika ini sudah tercatat di Desember 2017 maka seharusnya rekomendasi sudah mulai menarik sejak tertanggal 2 Januari bukan? Dan lagi BCIP sudah mencatatkan BVPS di angka 200 sejak tahun 2016. Oleh karena itu, fundamental sangat tidak layak dijadikan sebagai analisis atau rekomendasi untuk jangka harian
  2. Batas kenaikan wajar saham adalah 30%an per hari. Di atas itu maka akan diberhentikan sementara perdagangannya (biasa disebut Auto Reject Atas). Kenaikan 100% dalam 1 hari? Tidak mungkin! Kenaikan 100% dalam 1 minggu? Tidak mungkin juga untuk saham-saham volume besar seperti BCIP saat itu

Tujuan POM-POM

Sebelum membahas tujuan POM-POM, anda harus paham bahwa pergerakan harga saham berasal dari permintaan dan penawaran (semakin besar permintaan, semakin tinggi harga akan naik).

Pihak pembuat POM-POM pasti memiliki saham tersebut lebih dahulu dan menginginkan saham tersebut untuk naik dengan kekuatan masyarakat.

Ada juga contoh kasus POM-POM yang ekstrem misalnya dikarenakan adanya perjanjian antara pihak investasi dengan pihak emiten. Hal ini terjadi pada kasus JOUSKA dengan emiten LUCK. Hal ini sangat jarang terjadi

Ciri-Ciri POM-POM

Mungkin tidak semua dari anda adalah pemain saham yang memperhatikan forum-forum seperti Telegram. Lalu bagaimana anda tahu bahwa suatu saham di POM-POM?

Ciri 1 : Dimonopoli oleh RITEL

Simpel! Anda hanya perlu mengetahui yang dinamakan dengan ritel dan non-ritel. Ritel adalah sekuritas yang mayoritas isinya adalah masyarakat pada umumnya sedangkan non-ritel kebalikannya.

POM-POM pasti akan menyasar kepada ritel. Sehingga saham yang dipom-pom otomatis di broker summary akan dikuasai oleh ritel sebagai buy terbesar (Contoh ritel : YP, KK, PD, CC, SQ)

Bahkan POM-POM dengan skala besar seperti kasus JOUSKA pada saham LUCK pun dapat diketahui dengan cara ini dikarenakan JOUSKA menggunakan sekuritas KK (ritel) untuk menggerakan uang nasabahnya.

Ciri 2 : Average Akum Jauh Dari Last Price

Anda membeli saham A di harga 1000. Dikarenakan anda sangat beruntung, Saham A naik 10% ke angka 1100 hari itu. Apa yang akan anda lakukan? Hold hingga besok atau sell semua saham anda hari itu juga?

Saya yakin 90% dari anda akan menjual semua saham A saat itu juga.

Karena itu adalah sifat dari ritel. Tidak sabaran dan takut harga akan turun.

Maka ini yang menjadikan ciri-ciri saham di POM-POM yang kedua. Jika harga average nya berada jauh di bawah harga sekarang.

Cara Mengatasi POM-POM

Karena terlalu panjang, maka cara nya akan saya rangkum dalam video di bawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *