IHSG Hari ini, Rekomendasi Saham IndonesiaRekomendasiRekomendasi SahamSaham Hari IniSaham Indonesia

Analisis Tuntas Dibalik Penurunan Saham di Tahun 2018

Posted

Dalam perdagangan hari ini (30/4) indeks berhasil melakukan penguatan pada akhir perdagangan hari kedua berturut-turut setelah pada perdagangan sebelumnya indeks menguat tipis 0,17%. Hari ini IHSG berhasil melakukan lonjakan besar dengan rebound sebesar 1,27% ke level 5.994,59.

Apakah ini merupakan pertanda bahwa indeks akan segera rebound?

Tunggu dulu… Walaupun mengalami penguatan, investor asing masih mencatatkan net sell dengan jumlah yang cukup besar, yaitu -565,27M.

Lalu apakah kenaikan ini merupakan sentimen positif dari pertemuan antara Korea Utara dan Korea Selatan? Hmm… tidak jugaa.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi?
Sebelumnya saya ingin mengajak anda untuk kembali flashback pada perdagangan di bulan Maret kemarin. Selama bulan tersebut asing melakukan aksi jual besar-besaran yang nilainya bahkan mencapai 1 Trilliun dalam satu hari perdagangan. Hal inilah yang mengakibatkan IHSG hancur lebur pada bulan tersebut.

Selanjutnya coba kita perhatikan minggu terahir bulan Maret hingga awal April. Pada rentang waktu tersebut dapat terlihat bahwa indeks mulai membaik. Namun, apakah sebabnya? Apakah itu disebabkan sentimen positif dari naiknya rating utang Indonesia oleh moody’s? Menurut kami tidak juga.

Fase tersebutlah yang dinamakan fase-fase Mark Up. Difase tersebut asing mengurangi bahkan menghentikan aksi jualnya setelah melakukan aksi jual besar-besaran.

Setiap trend bearish yang sehat akan selalu disertai dengan Fase Markup besar-besaran. Itulah yang terjadi di akhir bulan Maret dan awal bulan April lalu, dan saat ini sudah mulai terlihat bahwa IHSG kembali melanjutkan fase bearishnya. Hal ini sudah mulai terlihat dibeberapa hari lalu dimana asing kembali mencatatkan net sell sebesar 1 Trilliun rupiah dalam satu hari perdagangan.

Lalu apakah downtrend tahun ini merupakan siklus 10 tahunan? Anda pasti sudah tahu sendiri jawabannya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *