IHSG Hari iniIHSG Hari ini, Rekomendasi Saham IndonesiaRekomendasiRekomendasi SahamSaham Indonesia

Cari Untung 1000% di Saham Salah Harga

Posted

INVESTASI DI SAHAM SALAH HARGA

1. Saham Salah Harga

Jika anda sibuk dan tidak ada waktu untuk mengecek keadaan pasar dari waktu ke waktu, bukan berarti anda tidak dapat menghasilkan untung dari saham. Investasi adalah saham yang dapat anda tabung selama bertahun-tahun. Yang diperhatikan dari investasi adalah prospek kerja dari suatu perusahaan bukan dari volalitas pasar. Anda selalu berparkir pada mindset bahwa saham dengan prospek yang baik adalah saham dengan kapitalisasi besar, harga sudah sangat tinggi, atau malah hanya perusahaan yang anda sukai? Lalu mari kita coba hal baru yaitu saham salah harga.

Sekarang saya ajak anda untuk meninggalkan semua mindset tersebut. Lo Kheng Hoo, yang disebut sebagai Indonesian Warren Buffet, sering berkata untuk membeli saham yang salah harga. Apa sih saham salah harga itu? Saham yang harga nya masih kecil tapi dipercaya tidak sesuai dengan performansi perusahaannya saat ini. Ah kurang asik kalau saya hanya berdongeng, kita langsung berikan contoh saja. Anda kenal saham DOID, INDY, atau PTRO? DOID sempat berada pada harga 70 dan sekarang berada di harga 1130 hanya dalam 2 tahun. Begitu pula dengan INDY dan PTRO.

2. Screening Saham Salah Harga

Sebenarnya tidak sulit untuk mencari saham salah harga. Anda bisa mencari kriteria yang diberikan Lo Kheng Hoo di berbagai situs di google. Tapi disini saya akan memberikan saham salah harga menurut saya (ALA TIM SAHAM GORENGAN). Yang menurut saya termasuk saham salah harga adalah :

  1. PER dan PBV rendah, lebih rendah dari pesaing nya di sektor yang sama
  2. EPS stabil dan meningkat
  3. ROE tinggi
  4. DEBT tentu harus kecil
  5. Teknikal secara daily,weekly,monthly uptrend

3. Rekomendasi

1. PNLF

FUNDAMENTAL

Per 5,8 Pbv 0,5 Roe 8,4
Pendapatan dan penjualan dari PNLF (YoY) cenderung stabil dan perlahan mulai naik, untuk (QoQ) PNLF sempat mengalami penurunan di bulan Maret, namun sudah tumbuh dan kembali membaik. NPM (Net Profit Margin) secara YoY sempat mengalami penurunan namun sudah membaik sejak 2015. Jika dilihat dari aset PNLF selalu mengalami kenakan, selain itu nilai ekuitasnya jauh lebih besar dibanding utangnya. DER dari PNLF juga selalu menurun sejak 2014. Dengan nilai ekuitas yang besar ditambah dengan perusahaan yang selalu bertumbuh tiap tahunnya, PNLF cocok untuk dijadikan investasi

TEKNIKAL

Teknikal PNLF dari chart daily menujukan uptrend yang cukup kuat dalam 200 hari terakhir, dibuktikan dengan garis MA 50 yang memotong MA 200 ke atas. Dilihat dari chart monthly PNLF juga menandakan uptrend kuat dimana MA 10 memotong MA 30 ke atas. Dengan teknikal sederhana saya memprediksi harga PNLF akan mencapai 420 dan akan berlanjut menguat hingga 690.

2. ERAA

FUNDAMENTAL

Per 8,3 Pbv 0,7 Roe 8,4
NPM ERAA (YoY) cenderung turun dari tahun 2012-2015, namun sejak 2016 sudah mulai tumbuh walaupun nilai pertumbuhannya tidak besar. Jika dilihat dari penjualannya, ERAA selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya, namun keuntungannya cenderung stabil/tidak meningkat. Jika dilihat dari pertumbuhan asetnya, ERAA ini selalu tumbuh walaupun sempat turun sedikit di 2016. DER dari ERAA ini juga turun sejak 2015 dan perlahan nilai ekuitasnya mulai menyamai nilai utangnya. Dengan Per 8,3 PBV 0,7 dan ROE 8,4, ERAA ini cocok untuk dijadikan investasi jika dilihat dari kinerja perusahaannya yang cenderung membaik setiap tahunnya.

TEKNIKAL

ERAA memiliki teknikal yang sangat bagus ya. Dilihat dari chart daily dan monthly, ERAA uptrend kuat. Pergerakan dari chart weekly terbukti kuat dimana MA 10 memotong MA 30 sejak Agustus 2017. ERAA saya prediksi masih akan melanjutkan penguatan nya ke arah 1000 dan dapat berlanjut ke 1285.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *