IHSG Hari iniRekomendasi SahamSaham Hari IniSaham Indonesia

Cara Menghadapi Market Bearish

Posted

A. Intro

Dalam beberapa bulan belakangan ini kondisi IHSG semakin hari terlihat semakin menkhawatirkan, terus keluarnya dana asing, dan pelemahan bursa global membuat saham-saham unggulan terus berguguran dalam 1 bulan terakhir.

Pada saat market bearish di mana kebanyakan harga saham biasanya akan mengalami penurunan pada periode tersebut. Namun untuk seorang investor yang telah berpengalaman, pasti tahu dan sangat menyukai hal ini, karena tentu di masa krisis ada saham – saham perusahaan besar dengan fundamental yang sangat baik namun harga sahamnya terdiskon luar biasa. Umumnya saham – saham seperti ini sangat baik untuk dijadikan tabungan jangka panjang, karena satu hal yang pasti, secara fundamental perusahaan tersebut jauh dari kata bankrupt.

B. Begini Caranya

1. Hindari saham-saham bluechip

Pada saat market bearish, saham bluechip merupakan korban pertama dan utama dari kondisi ini. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah biarkan mereka bergerak sesuka mereka terlebih dahulu.

2. Jangan dulu tergoda untuk langsung membeli saham dengan alasan sedang diskon.

Hal itu sama saja seperti mencoba menangkap pisau yang sedang jatuh. Biasanya trader tergoda membeli saat harga saham jatuh sangat dalam. Perlu diingat bahwa pasar saham sedang bearish. Artinya harga saham yang sudah turun banyak, bukan tidak mungkin masih bisa turun lagi.

3. Batasi Portofolio Anda

Di pasar saham yang bearish, bila sampai rugi bisa sangat menyesakkan. Untuk itu jangan terlalu agresif. Batasi jumlah uang yang anda gunakan.

4. Gunakan Money Management Yang Baik.

Rencanakan setiap pembelian yang ingin anda lakukan. Jika keadaan sudah tidak menguntungkan, jangan ragu untuk cut loss.

5. Tidak perlu takut dengan kondisi market yang sedang tidak meyakinkan.

Saat market bearish bukan berarti semua saham akan turun. Tetap ada saham-saham yang berpotensi naik setiap harinya. Biasanya saham lapis kedua, lapis ketiga atau saham gorengan cukup meriah saat pasar saham bearish. Selain itu sering kali juga terjadi rebound pada pasar saham. Kita bisa memanfaatkan peluang ini dengan trading jangka pendek di saham-saham tertentu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *