Rekomendasi Saham

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa

Posted

Masuk ke dunia pasar modal sebaiknya dilakukan sedini mungkin. Mahasiswa pun sebenarnya juga dapat mulai terjun untuk trading atau investasi pada masar modal untuk masa depan yang lebih baik. Akhir-akhir ini banyak sekali penawaran dari sekuritas-sekuritas yang menarik untuk mahasiswa. Sehingga, mereka dapat memulai transaksi tanpa modal yang begitu besar. Nah, bagi para pemula yang baru di dunia pasar saham, ada beberapa saham pilihan untuk mahasiswa yang patut dipertimbangkan.

             Dari banyaknya saham potensial yang ada di pasar, berikut adalah 10 pilihan saham yang mungkin dapat anda sebagai langkah awal dalam bertransaksi dalam pasar saham (harap sesuaikan dengan tujuan dan trading plan masing-masing)

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa, 1. ICBP

Saham yang patut dijadikan pertimbangan adalah saham dengan kode ICBP.  Saham yang suda terkenal dari dulu ini, yakni Indofood CBP Sukses Makmur Tbk., masih menjadi saham favorit untuk ditrading kan, meskipun ia bukanlah saham gorengan. Ya, masih banyak peminat dari saham ini sampai sekarang. Laba perusahaan ini diperkirakan akan mengalami peningkatan seiring dengan gencarnya promosi produk yang kerap kali dilakukan. Apalagi, varian produk baru seperti Indomie kerap menambah minat market.

2. ADHI

             ADHI adalah kode saham untuk perusahaan Adhi Karya Persero. Merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor konstruksi. Saham perusahaan ini mulai diperdagangkan sejak 2004 lalu. Sampai saat ini, 51% sahamnya dimiliki oleh perusahaan RI, dan 49% dimiliki oleh publik. Harga per lot hya pun hanya sekitar 150 ribu- an saja, cukup terjangkau untuk kantung mahasiswa. Bagi orang yang tinggal di Jakarta, pasti sudah familiar dengan beberapa projek yang dihasilkannya seperti LRT, dan sebagainya.

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa ke-PWON

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa

sumber: industri.kontan.co.id

PWON, atau Pakuwon Jati, merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang property dan real estate. Perkembangan bisnis real estate ini sangat menguntungkan Pakuwon, terutama karena market sudah mulai melirik kemudahan dan kenyamanan hunian superblok yang baru-baru ini kian menjamur. Dengan adanya fenomena ini, investor dapat memanfaatkan peluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari saham ini. Meskipun sedang mengalami growth yang tidak begitu besar, namun karena prospek yang baik, PWON dapat menjadi pilihan yang menarik.

4. BBCA

             Siapa yang tidak kenal dengan salah satu raksasa sektor perbankan di pasar modal ini. Ya, BBCA merupakan kode perusahaan Bank BCA. Meskipun market nya berhasil disusul oleh BBRI, namun Bank BCA masih dianggap sebagai bank yang paling maju diantara ketiga bank terbesar di Indonesia. Dengan teknologi yang lebih baik, jumlah nasabah bank ini pun menjadi semakin meningkat. Apalagi, baru-baru ini Bank BCA berhasil masuk ke dalam daftar 200 Perusahaan Terbaik di Asia Pasifik dengan pendapatan lebih dari satu miliar dollar. Ya, meskipun harganya tidaklah murah, namun tidak ada salahnya untuk mengkoleksi saham ini saat harganya jatuh.

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa ke-5, HMSP

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa
sumber: infobanknews.com

              Saham selanjutnya yang merupakan salah satu saham pilihan untuk mahasiswa untuk trading atau investasi adalah saham dari HM Sampoerna. Saham perusahaan penghasil rokok ini termasuk dalam kategori tejangkau. Anda bisa mendapatkan 1 lot dari saham HMSP ini dengan membayar sebesar Rp270.000,-. Tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis rokok menjadi salah satu bisnis terbesar di tanah air. Maka dari itu, meski akhir-akhir ini perkembangan vape semakin pesat, bisnis rokok ketengan ini masih diperkirakan dapat survive. Selain daripada lingkup bisnis yang baik, Sampoerna juga mendapatkan prestasi sebagai perusahaan pertama di Indonesia yang mendapatkan Sertifikasi Alliance of War. Sertifikat tersebut diberikan kepada perusahaan dengan pengolahan  air besih yang baik.

6. WIKA

             WIKA, atau Wijaya Karya masuk kedalam saham dengan prospek yang bagus di sektor konstruksi. Pada akhir Juni lalu, WIKA mencatat peningkatan dalam asset dan juga peningkatan dalam Net Foreign buy sekitar 3,9 milliar. Baru-baru ini, anak perusahaan miliki WIKA yaitu PT Wijaya Karya Bangunan Gedung Tbk( WEGE) berhasil memenangkan tender mengenai konstruksi Jakarta International Stadium atau yang bisa dikenal dengan nama Stadion BMW. Maka dari itu, melihat kepercayaan yang tinggi pada perusahaan WIKA, maka tidak ada salahnya untuk mulai menanamkan modal pada perusaahan ini.

7. BKSL

             Saham yang dapat menjadi pilihan selanjutnya adalah BKSL atau saham dari perusahaan Sentul City Tbk. Perusahaan yang bergerak dalam bidang property ini sangat terjangkau untuk dibeli. Harga nya saat ini Rp125 (9/9) masih tidak jauh dari Book Value nya. Perlun diketahui bahwa Sentul City dipercaya untuk menggarap projek-projek bangunan besar di Indonesia. Mall seperti AEON Mall serta Apartment Saffron Noble Residence, Opus Park Towers, serta Apartment Vedura juga menjadi garapan dari perusahaan ini. Meskipun sedang mengalami penurunan, dengan kondisi peningkatan infrastruktur menjadikan perusahaan pada sektor-sektor terkait ikut mengalami peningkatan.

Saham Pilihan Untuk Mahasiswa ke-8, PTBA

             PTBA adalah kode saham perusahaan Bukit Asam Tbk. Perusahaan ini bergerak pada sektor pertambangan dengan hasil utamanya yaitu batu bara. Selain daripada ITMG, PTBA juga terkenal akan pembagian dividennya yang cukup besar dibandingkan dengan perusahaan lain pada sektor yang sama. Dengan besaran Return of Equity yang cukup besar (25%) serta tingkat Dividend Payout Ratio yang tinggi (85%) membutnya diminati oleh para pemburu dividend. Harganya pun bisa dibilang terjangkau. Meskipun harga batu bara sedang mengalami trend rendah, namun PTBA berhasil mengakalinya dengan meningkatkan produksi hingga 50 juta ton. Selain daripada itu, perusahaan ini terus meningkatkan growth nya dengan membuat 2 PLTU baru yang dibangun dengan teknologi China.

9. GMFI

             Nah, selain daripada saham Garuda Indonesia, ada pula saham dibawahnya yang patut dilihat, yakni GMFI atau Garuda Maintenance Facility Aero Asia. Perusahaan ini masih tergolong baru daripada perusahaan Garuda. Pasalnya, GMFI baru listing di pasar saham sekitar Oktober 2017. Namun, dengan umurnya yang seumur jagung, perusahaan ini dapat berkembang dengan cukup baik. Perlu diketahui, perusahaan inio bergerak dalam bidang jasa perawatan pesawat. Dan akhir-akhir ini, GMFI mendapatkan keuntungan yang cukup besar dari ajang event Paris Air Show 2019. Selain daripada itu, perusahan ini juga sedang bekerjasama dengan Batam Aero Technic untuk projek pembangunan hangar di Bandara International Hang Nadim di Batam.

Salam Pilihan Untuk Mahasiswa ke-10,  DMAS

             Saham terakhir yang dapat menjadi pertimbangan adalah DMAS, atau Puradelta Lestari, perusahaan yang bergerak dalam bidang property. Pada rentang tiga bulan terakhir, perusahaan ini mengalami perkembangan yang cukup baik dari bulan Juli lalu. Saham perusahaan ini kian diminati semenjak peningkatannya pada kuartal pertama tahun ini. Dengan harga yang cukup terjangkau, DMAS dapat menjadi salah satu pilihan yang terbaik bagi mahasiswa.

Konklusi

Itulah tadi kesepuluh saham pilihan untuk mahasiswa yang dapat dijadikan pilihan bagi mahasiswa, atau siapa saja yang masih bingung untuk menentukan saham pilihannya pada akhir dari kuartal ke 3 ini. Nah, daftar tadi merupakan rekomendasi saja, opsi untuk buy atau akumulasi seluruhnya berada di tangan anda.

             Perlu diingat bahwa dalam kegiatan trading atau pasar saham pada umumnya, janganlah mendengarkan saran dari seseorang 100%. Seperti yang dikatakan oleh Warren Buffet, jangan 100% percaya perkataan analisis, walaupun sudah dicap master sekalipun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *