PembelajaranUncategorized

Baru Banget di Dunia Saham? Ikuti Langkah Ini Biar Cuan Mandiri

Posted

Semua orang pasti harus memulai sesuatu sebelum mahir. Begitu juga di dunia saham, pemain-pemain mahir seperti Lo Kheng Ho juga pasti memulai dari satu titik sebelum hasilnya jadi sukses seperti sekarang. Nah buat kalian yang masih awam di dunia saham dan bahkan belum tau harus ngapain ada baiknya memperhatikan di bawah ini.

Kalian juga harus ingat kalau selain menghasilkan reward yang besar, saham juga bisa menimbulkan risk yang besar. Ini sebabnya orang yang belum paham betul dengan saham dan langsung terjun seringkali mengalami kerugian besar.

1. Daftarkan diri anda ke sekuritas terdekat

Nah untuk bermain saham kita memerlukan suatu perantara (broker) yang akan membantu kita dalam suatu transaksi jual dan beli saham. Jika kalian dulu sering melihat transaksi saham menggunakan telepon yang rumit dan lama, sekarang semua sudah dipermudah. Lewat akses aplikasi dan internet, kita dapat membeli saham dalam hitungan menit bahkan detik. Hal ini menyebabkan banyak pemain saham yang mengincar keuntungan dalam pergerakan singkat (biasa disebut trader dan scalper). Mindset kalian yang mengatakan kalua bermain saham pasti orang kaya juga harus diubah. Beberapa broker bahkan menyediakan jumlah deposit mulai dari 100ribu.  Masing-masing broker juga memiliki biaya transaksi dan interface aplikasi masing-masing jadi kalian harus pintar-pintar mencari broker yang cocok.

Jika kalian berminat untuk membuka akun saham secara online di Mirae Sekuritas bisa dengan klik disini

2. Pelajari teknikal dan fundamental

Biasanya pembuatan akun akan berlangsung selama 1-2 minggu sejak berkas diberikan. Sambil menunggu waktu pembuatan tersebut ada baiknya kalian mulai mempelajari ilmu-ilmu dasar dalam dunia saham. Yang perlu diperhatikan adalah membedakan antara teknikal dan fundamental. Pada dasarnya ilmu teknikal biasa disebut membaca chart merupakan ilmu untuk menganalisis saham dalam jangka waktu dekat. Sedangkan fundamental adalah ilmu untuk menilai perusahaan dari value dan nilai intrinsiknya. Kesalahan membedakan keduanya bisa berakibat fatal lho. Buat beberapa pembelajaran bisa di klik disini

3. Cari cara analisis kalian masing-masing

Kalau kalian suka dengan untung yang konsisten setiap hari, kalian harus paham dengan analisis teknikal dan bagaimana cara mengaplikasikannya. Nah kalau kalian terlalu sibuk dan tidak bisa memantau saham setiap hari, mungkin kalian bisa memprediksi prospek suatu perusahaan dan berinvestasi di sana dalam jangka panjang. Pelajari cara analisis yang kalian suka masing-masing dan praktekan setiap hari sebelum terjun langsung dengan dana besar. Kalian bisa gunakan aplikasi virtual trading untuk melatih skill ini

4. Pahami psikologi trading

Ada banyak sekali makna dari psikologi trading dan kalian akan menemukan perdebatan tentang psikologi trading yang benar. Psikologi trading sendiri menurut saya adalah mindset atau sikap yang harus diambil saat kalian terjun di dunia saham. Sikap paling kronis yang saya temui adalah “takut”. “Takut” saat rugi dan menahan saham yang sudah jatuh terlalu dalam hingga akhirnya semakin dalam. Bahkan banyak yang saat untung juga “takut”, “takut” untungnya hilang dan akhirnya jual saat untung masih kecil.

Hal seperti itu bisa diatasi dengan adjust stoploss. Adjust stoploss akan dibahas lebih lanjut di artikel berikutnya

5. Jadi kaya dari rumah

Jika kalian sudah memahami ilmu dasar dan juga psikologinya, maka kalian sudah memahami 70% dari pengetahuan trading. 30% sisanya bisa kalian dapatkan dengan pengalaman mengasyikan di dunia saham. Banyak orang yang mengatakan kalau saham sama seperti judi, dan banyak yang tidak setuju dengan hal ini. Kalau saya berpendapat berbeda, saham adalah 30% gambling dan 70% prediksi. Kita bisa menganalisis kemungkinan pergerakan suatu saham tapi tidak akan ada yang bisa tepat 100%. Kalau anda sudah bisa menguasai langkah-langkah di atas, kalian sudah punya 70% kemungkinan untuk jadi kaya dari rumah!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *